unik tapi nyata adanya

Kuli pasar raih gelar pria terjelek di Zimbabwe

 

Reporter : Ardyan Mohamad

Selasa, 19 Juni 2012 11:43:23

William Masvinu, 38, dianugerahi gelar pria terjelek di Zimbabwe. Dia berpose bersama istrinya di sebuah kafe Ibu Kota Harare bulan lalu (29/5). (c) Tsvangirayi Mukwazhi/huffingtonpost.com

21
 

 

Banyak negara menggelar kontes kecantikan, namun tampaknya hanya Zimbabwe yang membuat acara mencari sosok berwajah paling buruk rupa. Hasilnya, William Masvinu asal Kota Epworth, sebelah barat Ibu Kota Harare, dinobatkan sebagai pria terjelek di negara itu.

Surat kabar Huffington Post melaporkan, Selasa (19/6), Masvinu menyisihkan empat pria jelek lainnya dan menggondol hadiah utama sebesar USD 100 atau setara RP 930 ribu. Selain uang, dia bisa menginap semalam di hotel termahal Harare.

Pria 38 tahun ini mengaku bersyukur meski disebut lelaki buruk rupa. “Saya merasa diberkahi. Menjadi jelek bukanlah kutukan, ini karunia Tuhan dan saya bangga,” ujar Masvinu.

Lomba nyeleneh ini digelar sebuah penyelenggara swasta dengan sokongan dana pemerintah. Saat audisi awal tahun ini, panitia menyatakan sedang mencari pria yang wajahnya bisa membuat anak-anak lari ketakutan sekali lihat. Kontes ini sudah diselenggarakan dua kali.

Setelah memenangi kontes ini, Masvinu tidak ingin mengubah gaya hidupnya meski sudah ditawari membintangi iklan. Dia sehari-hari bekerja sebagai kuli di pasar Kota Mbare. “Saya belum memikirkan soal iklan. Setelah menang pun saya masih akan memanggul sayuran di pasar,” kata Masvinu.

Pihak penyelenggara mengaku acara unik ini untuk menarik minat wisatawan pada Zimbabwe. Negara itu amat miskin dengan pengangguran mencapai 94 persen dari total populasi.

Panitia makin jadi sorotan saat mengumumkan pemenang kontes ini bakal membintangi iklan obat pembasmi serangga. Tidak sedikit media di negara itu mengkritik penyelenggara karena mencitrakan kemiskinan dan wajah para peserta sebagai lelucon.

Meski mengaku beberapa hadiah belum diberikan, Masvinu tidak merasa dilecehkan panitia. Dia sudah kenyang pengalaman disebut jelek selama bertahun-tahun.

Pria ini menilai orang sejelek dia pun masih bisa mendapat istri. “Istri saya Alice Chabhanga tidak pernah mempermasalahkan soal fisik. Dia jatuh cinta karena saya baik hati dan humoris, itu sudah menjelaskan semua,” kata pria yang belum dianugerahi momongan ini.

Masvinu boleh dinobatkan sebagai pria terjelek, namun hatinya jelas amat tampan. 

[fas]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s