news

 

Tips sehat hindari kanker otak

 
Penulis: Indah Lestari

Selasa, 7 Mei 2013 19:16:29

 
Tips sehat hindari kanker otak
KategoriSehat

 
12

 

 

Otak adalah pusat kehidupan. Segala aktivitas kehidupan, hingga yang sekecil-kecilnya, hanya bisa terjadi melalui mekanisme yang diatur oleh otak. Dalam waktu yang bersamaan otak harus menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus.
Saat tiba mendengar suara klakson dari belakang maka secepat kilat otak menyuruh kaki meloncat ke tepi, menyuruh leher menoleh ke belakang, menyuruh mata membelalak, menyuruh otot-otot menegang untuk mengatasi situasi darurat, menyuruh jantung memompa darah lebih kencang, menyuruh hidung tetap bernafas, dan masih banyak lagi yang harus diaturnya, semua itu dapat dilaksanakan bersamaan karena diatur oleh bagian oatk yang berbeda-beda.

Ya, otak memiliki banyak bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda. Secara garis besar otak terbagi atas tiga bagian, yaitu otak Besar(cerebrum), otak kecil(cerebellum), dan batang otak(brain stem). Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi, lebih kecil lagi, dan lebih kecil lagi.Seperti bagian-bagian tubuh lain, otak bisa terkena tumor maupun kanker.Bedanya, jika pada bagian tubuh lain tumor jinak kadang tidak mengganggu dan tidak berbahaya, di otak, tumor jinak pun bisa sangat mengganggu dan membahayakan nyawa.

Kanker Otak biasanya diawali dengan sakit kepala yang tak hilang dalam jangka waktu lama. Gejala lain, terjadi kelemahan anggota gerak secara bertahap dan berjalan limbung serta muntah-muntah. Ditambah lagi penurunan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata serta gejala layaknya vertigo atau sempoyongan.
Jika kondisi ini terjadi pada Anda, segera lakukan pemerikasaan diri dan dianjurkan melakukan pemerikasan Magnetic Resonance Imaging(MRI).

Bagi Anda yang sehat, Anda tak perlu khawatir, sebab kanker otak bisa dicegah. Asalkan Anda mengikuti beberapa tips kesehatan berikut ini:

1. Jangan biarkan stress berat menyerang terus-menerus, sempatkan waktu beristirahat, dan lakukan refreshing yang dapat mengurangi dan menghilangkan stress Anda.

2. Membatasi radiasi, pola makan sehat, hentikan konsumsi alkohol dan jangan konsumsi obat tanpa resep dokter.

3. Membatasi radiasi langsung ke telinga, lebih baiknya menggunakan handsfree bila menggunakan telepon genggam dalam waktu lama.Untuk mencegah kanker otak,sebaiknya terapkan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang, misalnya memperbanyak konsumsi buah-buahan,sayur dan biji-bijian.

4. Ditambah membatasi diri mengkonsumsi lemak, mengurangi konsumsi makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dengan nitrit, maupun zat-zat kimiawi buatan lainnya, menghentikan konsumsi alkohol dan rokok.

5. Hindari benturan atau trauma di kepala dan hindari aktivitas yang beresiko tinggi mencederai kepala seperti olahraga tinju. Jangan lupa gunakan helm saat naik sepeda motor.
Anda juga harus memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti kurma, jeruk, kismis, strawberry, buah plum dan anggur merah.

6. Jika Anda ingin yang simple tapi berkhasiat,cobalah untuk meminum jus kulit manggis 30 s/d 60ml sebelum tidur.Karena zat antioksidan yang terdapat di dalamnya mencapai 123,97mg/ml,.Woow!! Ini akan sangat membantu melancarkan peredaran darah dari dan ke otak, sehingga mencegah terjadinya penyempitan dan penyumbatan darah ke otak. Pada akhirnya jus kulit manggis membantu Anda untuk terhidar dari kanker otak.

 

Artikel ini ditulis oleh : Indah Lestari 

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis.
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : Jus Manggis

Komentar Anda 
 
Wow!
 
Pria Sulawesi dilarang besarkan alat kelamin dengan silikon
Pria Sulawesi dilarang besarkan alat kelamin dengan silikon

Bahasa Dusner di Papua nyaris punah karena dianggap bahasa setan

Bahasa Dusner di Papua nyaris punah karena dianggap bahasa setan

Sindrom langka ubah manusia normal jadi kanibal

Sindrom langka ubah manusia normal jadi kanibal

Gara-gara tusuk gigi, TKI Gunung Kidul meninggal di Korea

Gara-gara tusuk gigi, TKI Gunung Kidul meninggal di Korea
Smart people share this
Back to the top

Top 10 merdeka

© 2012 merdeka.com
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s